PEKON TEBA BUNUK GELAR BUTAMAT PENCAK SILAT SENI ADAT LAMPUNG

Tanggamus, – Dalam  rangka menjaga dan melestarikan Tradisi seni Budaya adat Lampung dibumi Begawi  Jejama Kabupaten Tanggamus Lampung , Tokoh Pemuda  karang Taruna dan masyarakat Teba Bunuk kecamatan Kota Agung Barat dengan dikomandani Selamat Putra Yadi selaku Kepala Pekon  menggelar kegiatan akhir tahun Pelatihan Pencak silat Ghamgom Mufakat yang biasa disebut Butamatan ( 17/01/2021 )

Mengingat Indonesia sebagai Negara yang kaya akan adat Budaya dan kesenian,  dan sedikit terkikis zaman Peradaban Modern. Maka Putera Puteri Daerah dan Para sesepuh adat saat ini berkewajiban menjaga dan melestarikan Kekayaan Budaya tersebut .

Tujuan kegiatan tersebut,  adalah melestarikan seni bela diri Adat Lampung yang lambat laun akan punah dimakan zaman,  ujar Kepala Pekon  Selamat Putra yadi.  Kepada Trustmedia.id.

Melihat adanya kondisi tersebut,  maka kami mengharapkan kepada seluruh Pemuda Pemudi dan Masyarakat Lampung Khususnya,  untuk kembali menerapkan kebiasaan Adat lama yang memiliki filosofi positife , sebagai salah satu Peninggalan nenek moyang kita,  ujarnya menambahkan.

Terpisah,  Heri Yanto.  Sebagai Ketua Panitia kegiatan sekaligus sebagai Perwakilan Karang Taruna,  berharap kegiatan tersebut menjadi salah satu cara melestarikan adat Budaya sampai akhir zaman,

Sekaligus menjadi ajang silaturahmi antara Guru dan Murid serta Para Tokoh adat. Ungkapnya.

Kegiatan yang juga dihadiri para Tokoh TTKDH di Kabupaten Tanggamus.

Disisi lain,  dengan kegiatan ini akan memperoleh dukungan Pemerintah dan seluruh stake holder di Kabupaten Tanggamus , dalam upaya pelestarian seni Bela diri dan Budaya Adat Pencak Silat.

Dalam kesempatan tersebut,  hadir Wakil Panglima Pengitogh Alam Kerjaaan Adat Paksi Pak Skala Brak Kepaksian Pernong Lampung , wilayah Tanggamus  Mirza YB,  Anggota DPRD Tanggamus Helmi,  serta Firman Yani yang hadir mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handayani,  Camat Kota Agung Barat Firdaus,  serta sesepuh Pencak silat Bapak Aden Syafi’i,  Bapak  Bacis,  dan puluhan Pendekar lainnya.

(Ibnu Mas’ud)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*