Wujud Peran Swasta Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Di Pesawaran, Bupati Pesawaran Resmikan Gedung Bersalin Klinik Ridho Husada I

Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meresmikan Gedung Bersalin Klinik Ridho Husada I di Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran, Lampung, Kamis (8/2/24).

Bupati Dendi dalam sambutannya mengatakan peresmian gedung tersebut sebagai wujud peran serta swasta dalam bidang pelayanan kesehatan di Kabupaten Pesawaran.

“Dengan berdirinya Klinik Ridho Husada I ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pesawaran khususnya di Kecamatan Gedong Tataan,” kata Dendi.

Orang nomor satu di Bumi Andan Jejama itu mengungkapkan bahwa pembangunan dibidang kesehatan, merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Kebijakan tersebut, didasarkan atas kenyataan bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat manusia dalam kerangka pembangunan manusia seutuhnya.

“Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan kepada segenap lapisan masyarakat tanpa kecuali,” ungkapnya.

Sebagai langkah nyata sambung Dendi, Pemerintah Daerah akan terus memperkuat sistem kesehatan, memastikan ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai dan memberikan dukungan kepada tenaga kesehatan.

Disebutkan saat ini UPTD Puskesmas se-Kabupaten Pesawaran berjumlah 15 unit telah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan Kesehatan di masyarakat.

Selain itu, pihaknya akan mendorong program-program edukasi kesehatan di tingkat masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya deteksi dini, vaksinasi dan gaya hidup sehat.

Menurutnya berhasilnya pembangunan kesehatan, pada hakikatnya menuntut kerjasama yang lebih sinergis antara Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Stakeholders dan seluruh komponen masyarakat termasuk pihak swasta.

Lebih lanjut, keberadaan sarana kesehatan dengan kepemilikan swasta di Kabupaten Pesawaran tentunya bertujuan juga untuk memberikan pelayanan kesehatan yang seoptimal mungkin, sehingga diperoleh derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Hal ini dikarenakan kesehatan juga merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan dipercaya menjadi penyebab langsung maupun tidak langsung keberhasilan bidang-bidang lain.

Sejalan dengan upaya mewujudkan masyarakat Pesawaran sehat jasmani dan rohani, berdirinya Klinik yang representatif, merupakan hal yang menggembirakan dan tentu akan disambut baik oleh masyarakat.

Ia menekankan dalam memberikan pelayanan, Klinik Ridho Husada I ini perlu mencakup hal-hal pokok.

“Yaitu menunjang program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kemudian melaksanakan amanat sesuai dengan maksud didirikannya Klinik Ridho Husada I dan mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya warga Pesawaran,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*