Bupati Pesawaran Pesawaran Fokus Turunkan Kemiskinan Tahun 2024

Pesawaran — Tahun 2021-2026, Pemerintah Kabupaten Pesawaran ingin fokus untuk menjadikan daerah ini lebih maju dan sejahtera, dengan masyarakat yang produktif.

Hal itu disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, saat menghadiri rangkaian acara Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pesawaran tahun 2024 di Ruang Pesawaran One Center, Rabu (25/1/2023) .

Dendi menerangkan, fokus ini sesuai visi dan misinya serta dengan memperhatikan Rancangan Tema dan Prioritas Kabupaten Pesawaran.

Dasarnya adalah Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

“Tahun 2024 fokus penguatan infrastruktur pelayanan dasar yang menunjang pertumbuhan ekonomi serta mengoptimalkan pembangunan sumber daya manusia yang produktif dan mandiri,” ujarnya.

Menurut Dendi, prioritas pembangunan tahun 2024, pertama, pemerataan Infrastruktur wilayah secara berkelanjutan dan berkualitas.

Kedua peningkatan Iklim Investasi dan berusaha yang Kondusif.

Ketiga, peningkatan kualitas SDM yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, unggul, dan berdaya saing.

Keempat, peningkatan tata kelola pemerintahan yang efektif dan layanan publik yang berkinerja tinggi.

Kelima, mewujudkan desa mandiri sebagai titik berat pembangunan berbasis kemasyarakatan dan potensi lokal.

“Kegiatan konsultasi publik ini, diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran,” imbuh Dendi.

Bupati muda ini mengajak kepada seluruh yang hadir bersyukur. Karena kemiskinan di Pesawaran berhasil turun 1,26 persen di tahun 2022 atau penurunan terbesar kedua se-Provinsi Lampung. Tepatnya, dari 15,11 menjadi 13,85 persen. Selain itu, terjadi peningkatan nilai Indeks Prestasi Manusia (IPM) dari 66,14 menjadi 66,70.

“Capaian ini tentu menjadi semangat dan motivasi untuk bekerja lebih optimal. Saya meminta kepada seluruh jajaran perangkat daerah, semua program dan aksi yang kita lakukan harus mengerucut pada fokus penurunan angka kemiskinan,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*