Gelar FGD di Lanud BNY, Tim Spotdirga Bahas Potensi Dirgantara dan Ketahanan Wilayah

Wartasindo.com- Menggala, Lanud BNY. Tim Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) dipimpin Paban II/Puanpotdirga Spotdirga Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Pemberdayaan Potensi Kedirgantaraan untuk Ketahanan Wilayah di Gedung Arkaloka Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Menggala, Tulang Bawang, Jumat (4/3/2022).

Paban II/Puanpotdirga dalam sambutannya menyampaikan, perkembangan teknologi Kedirgantaraan saat ini tumbuh dan berkembang dengan pesat salah satunya penggunaan Drone/UAV yang banyak digunakan oleh masyarakat dengan berbagai kegiatan dan inovasi sehingga dibutuhkan adanya regulasi dalam pengoperasian drone tersebut karena tujuan penggunaanya yang mulai beragam.

“Dibutuhkan regulasi dan perizinan terkait dengan pengoperasian drone ini, sehingga keberadaanya dapat memberikan manfaat tidak menjadi suatu ancaman bagi penerbangan dan pertahanan negara,” tegas Paban II/Puanpotdirga Spotdirga.

Pada kesempatan yang sama Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Pangeran M. Bun Yamin (BNY) Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T., M.Han., mengatakan, TNI AU terus melakukan pembinaan wilayah Dirgantara guna memperkuat pertahanan dan kedaulatan NKRI di udara baik melalui pembinaan ketahanan wilayah maupun komunikasi sosial dalam menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan dan kedaulatan NKRI.

“Kami berharap, FGD ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan secara detail bagi warga Lanud Pangeran M. Bun Yamin mengenai pemberdayaan potensi kedirgantaraan untuk ketahanan wilayah yang ada di Provinsi Lampung,” ujar Danlanud BNY.

Kegiatan FGD ini menghadirkan narasumber dari Tim Spotdirga dan Dosen Fakuktas Teknik Unila Bapak Mona Arif Muda Batubara, MT., mengusung tema “Pemberdayaan Potensi Kedirgantaraan untuk Ketahanan Wilayah” dengan dihadiri para personel Lanud BNY, para Akademisi, Insan Dirgantara, dan Karyawan Perusahaan berlangsung dengan diskusi interaktif dari pemateri dan peserta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*