Gubernur Arinal Djunaidi dan Menko Perkonomian RI Panen Perdana Padi Gogo di Tubaba

TULANGBAWANG BARAT– Provinsi Lampung merupakan produsen padi dan menurut Gubernur Lampung bahwa Lampung urutannya naik ke 5 dibawah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan saingan Lampung yaitu Sumatera Selatan, ‘ucap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di depan para tamu undangan dalam acara Panen Perdana padi Gogo di Kabupaten Tulang Bawang Barat, sabtu (12/02/2022).

Lebih lanjut, Airlangga, mengatakan, berdasarkan data BPS, Lampung menghasilkan luas 2,4 juta gabah kering giling dan prosentase nya adalah 4,47 persen terhadap produksi Nasional yang 5,5juta Ton gabah kering giling dengan produktivitas 50 kwintal/hektar, ‘terangnya.

Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi panen perdana padi gogo oleh PT Huma Indah Mekar (HIM) dengan sentuhan teknologi dan ujicoba dimana varietas gogo ini diharapkan bisa didorong terutama di lumbung-lumbung pangan yang airnya terbatas.

Menko Juga berharap  varietas gogo ini bisa memberikan hasil positif, dan tentu bisa didorong untuk dibudidaya di lahan-lahan kering.

Sementara Gubenur Lampung, ArinaL Djunaidi, mengatakan, panen raya hari ini bisa menjawab tantangan apa yang terjadi bahwa Indonesia cenderung menurun ekonominya tetapi di Lampung sanggup bertahan bahkan justru mampu meningkat. Acara hari ini adalah juga sebagai pembuktian bahwa pertumbuhan  ekonomi Lampung itu memang betul terbaik  di Sumatera.

Sebelumnya masyarakat Lampung tidak mengenal sawah tapi dengan perkembangan zaman saat ini kita berubah dari padi sawah tapi ternyata hari ini bisa  dilihat kita fungsikan kembali lahan ladang yang produksinya tidak jauh berbeda dari lahan sawah yakni 5,3 ton/ha dengan lebih  sedikit pembiayaan dan kebutuhan air.  (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*