Mahepel Unila Menyempurnakan Pembuatan Jalur Pemanjatan Tebing Pantai Terjun Lampung Selatan

Wartasindo.com- Lampung, Tebing pantai terjun merupakan surga wisata bagi pecinta panjat tebing di lampung tepatnya di Desa Karya Tunggal, Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi masyarakat Lampung Selatan.

Mahepel Unila mengirimkan 6 ekspeditor diantaranya Diki satria, Padang Latief Ramadhan, Benny Hardy Yuga, Nadya Ashakina, Sinta Anjani, serta Hanif Hardiansah untuk melakukan pembuatan jalur pemanjatan tebing tak terjamah dan menjadi jalur pemanjatan pertama sampai puncak top tebing dengan teknik pemanjatan himalayan tactic. Kegiatan ini membutuhkan waktu 6 hari sampai puncak sejak dimulai pada tanggal 21 januari 2022 dimana ketinggian tebing medan vertikal sekitar 100 meter diatas permukaan laut.

Ekspedisi ini dilakukan guna kepentingan pengembaraan dan kemanusiaan dalam teknik penjangkauan korban (SAR) demi mempermudah akses menuju daerah-daerah terisolir lainnya.

Ekspedisi panjat tebing ini membutuhkan kekompakan dan kesepahaman sesuai apa yang sudah direncanakan. Bagaimana tim pemanjat dan tim basecamp bisa sinkron dalam menjalin komunikasi untuk menjalankan manajemen logistik serta manajemen peralatan guna mempermudah dalam penjangkauan hingga sampai tujuan. Ekspedisi ini tentu tak mudah seketika harus melakukan operasi SAR ketika pemanjat jatuh dan terluka, rambut terlilit, dan masalah lain yang dihadapi tim ekspedisi.

Bagi kepentingan pengaderan organisasi sendiri kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan penggiat alam bebas yang memiliki sikap tanggung jawab, bermental baja, dan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dan menjadikan alam bebas sebagai media dalam proses pembelajaran.

Diki Satria, koordinator ekspedisi memastikan bahwa ekspedisi tebing pantai terjun dan pemasangan 4 jalur sport climbing bukan yang terakhir bagi timnya namun sebagai langkah awal yang akan memotivasi dan menginspirasi generasi muda agar terus bergerak dan antusias dalam kegiatan penjelajahan demi kepentingan bumi pertiwi, jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*