Lantik Seluruh Pengurus ESI Kabupaten/Kota Provinsi Lampung

Bandar Lampung, wartasindo.com – Berkembangnya Electronic Sports (Esports) yang semakin pesat di Indonesia termasuk di Provinsi Lampung, menciptakan berbagai peluang baik di bidang perekonomian maupun olahraga di tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Mengikuti perkembangan tersebut, Pengurus Esports Indonesia (ESI) Provinsi Lampung membentuk kepengurusan hingga di tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Lampung yang dilantik dalam jamuan megah di Ballroom Hotel Horison Kota Bandar Lampung, semalam (10/1/2022).

Acara Pelantikan dengan tema “Profesional dan Kompetitif Hadapi Era 5.0 Demi Esports Lampung Berjaya” tersebut, dihadiri berbagai unsur, baik dari Kepala Daerah, Forkopimda, perwakilan KONI, jajaran pemerintah daerah, pengusaha, akademisi, jurnalis, bahkan cabor lainnya se-Provinsi Lampung.

Pelantikan Pengurus ESI Tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung bertujuan untuk mengoptimalkan penjaringan dan pembinaan atlet Esports di daerah bersinergi dengan pemerintah daerah, pengusaha dan stakeholder lainnya. “Kami berkomitmen akan menjaring, membina, dan menumbuhkan ekosistem Esports di Prov. Lampung” tegas Ketua Harian Pengurus ESI Provinsi Lampung, Iqbal Ardiansyah dalam sambutannya mewakili seluruh Ketua Pengurus ESI Kabupaten/Kota yang dilantik.

Menambahkan sambutan dari Iqbal, Ketua Umum Pengurus ESI Lampung, Iwan Satriawan menjelaskan bahwa saat ini industri game sangat menjanjikan dan dapat berkontribusi untuk perekonomian provinsi maupun nasional. “Berdasarkan data yang dikutip dari EVOS Esports, industri game Esports memberikan revenue untuk Indonesia sebesar 15,7 triliun rupiah pada tahun 2020 yang meningkat menjadi 30 triliun rupiah pada tahun 2021” ungkap Iwan.

Melihat potensi tersebut, lanjutnya, Bapak Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si menginisiasi pembentukan pengurus Esports Indonesia dari tingkat nasional hingga kabupaten/kota. “Meskipun baru akan dilantik, Pengurus ESI tingkat provinsi dan kabupaten/kota telah melaksanakan berbagai tugas sejak tahun 2020 dalam mengelola dan merangkul komunitas-komunitas Esports serta membina dan meningkatkan skill atlet Esports Lampung agar dapat bersaing di tingkat nasional bahkan internasional” jelas Iwan yang juga merupakan Kabinda Lampung itu.

Iwan Satriawan juga mengungkapkan bahwa Pengprov ESI Lampung sedang mempersiapkan atlet-atlet Esports untuk menghadapi berbagai kejuaraan nasional maupun internasional seperti Sea Games Mei 2022, Asian Games September 2022, dan IESF Esports World Championship ke-14 November 2022. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Gubernur Lampung yang telah memberikan sarana dan prasarana Esports berupa Gedung Esports Lampung beserta fasilitasnya yang menjadi kebanggaan bersama karena merupakan yang pertama di Indonesia” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto yang mewakili Gubernur Lampung, menyampaikan bahwa Pemprov. Lampung akan mendukung penuh perkembangan Esports di Prov. Lampung. “Semoga pengurus yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugasnya dan bertanggungjawab sehingga nantinya menghasilkan atlet yang dapat mengharumkan nama daerah Prov. Lampung” pesannya.

Dalam gelaran yang istemewa tersebut, Pengurus ESI Provinsi Lampung juga melakukan Launching Kejuaraan Esports “Piala Gubernur Lampung” yang akan digelar pada Februari 2022 di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Piala Gubernur dilaunching oleh Ketua Umum ESI Provinsi Lampung bersama Sekda dan KONI Provinsi Lampung.

 

(red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*