Hari Pahlawan, Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

MOMENTUM, Gedongtataan– Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan selalu mengingat jasa para pahlawan dan para pendiri Republik Indonesia.

Karena itu, Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November harus menjadi momentum meningkatkan semangat untuk meneladani pengorbanan para pahlawan guna mengisi kemerdekaan dengan mendukung program pembangunan di berbagai bidang.

Demikian disampaikan oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona saat memberikan sambutan dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan, di lapangan komplek pemerintahan setenpat, Rabu (10-11+2021).

“Pertempuran melawan penjajah Belanda di Surabaya pada 10 November 1945 silam menjadi peristiwa penting dalam yang saat ini kita kenal dengan Hari Pahlawan,” kata Dendi.

Karenanya, keteladanan pahlawan harus menjadi inspirasi untuk generasi saat ini dan masa mendatang, khusunya dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.

“Kita mempunyai potensi besar untuk
memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya
alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis,” Kata Bupati mengutip amanat menteri sosial Tri Rismaharini.

Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung
inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah.

Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) kita akan memasuki “bonus demografi”, yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang
melawan kemiskinan dan kebodohan.
Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama.

“Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang
sesungguhnya. Kita pasti bisa, karena Tuhan kita Maha Kaya dan Maha Adil.
Hal ini harus menjadi cambuk untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan Indonesia,” katanya.

Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para
pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*