Festival Krakatau XXX Tahun 2021 Akan Segera Digelar

Lampung, – Pemerintah Daerah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Lampung Krakatau 2021 bertema “WISDOM TO VICTORY” yang artinya (BIJAKSANA UNTUK BERJAYA) pada Kamis (4/11/21) mendatang di Novotel Bandar Lampung.

Informasi tersebut berasal dari Realese Resmi Dinas Pariwisata Lampung kepada Media, Rabu (3/11).

Sebuah festival menjadi sebuah wadah apresiasi dan puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau pada tahun 1883. Inilah event kepariwisataan tahunan terbesar di bumi ruwa jurai, Lampung Krakatau Festival.

Festival budaya yang sampai saat ini telah menginjak pelaksanaan tahun yang ke-30, sejak pelaksanaan pertama kali pada tahun 1990 memiliki 2 (dua) rangkaian kegiatan besar, yaitu : Edukasi Sejarah Gunung Krakatau dan Penampilan Seni Budaya.

Setiap tahunnya konten-konten selalu ada yang baru untuk mengisi patron gelaran festival besar Provinsi Lampung ini. Kreatifitas atraksi seni pertunjukan modern yang berdampingan dengan nilai-nilai kultur kearifan lokal mendapatkan ruang dalam penyelenggaraannya dan menjadi daya tarik tersendiri dalam pergelaran besar ini.

Gelaran festival ini mempunyai tujuan antara lain mempromosikan potensi daerah ke luar Lampung, memperkenalkan dan mengangkat seni budaya Lampung, meningkatkan kembali jumlah kunjungan wisatawan untuk pemulihkan dan peningkatkan kembali roda perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat terdampak adanya Pandemi COVID-19, serta mengembalikan kepercayaan masyarakat agar keinginan untuk berwisata kembali dengan selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Satu hal lagi yang sangat penting yaitu membangun kesadaran awareness masyarakat Lampung bahwa Lampung memiliki sebuah festival, gelaran besar yang mengangkat kekayaan dan pesona seni budaya, tradisi dan keindahan alamnya sehingga masyarakat Lampung lebih peduli dengan berbagai keunggulan ini, menjaga kelestarian alam untuk bisa dinikmati dengan berwisata, melestarikan kesenian, adat istiadat, budaya tradisi serta berbagai nilai kultur kearifan lokalnya.

Tema pelaksanaan Lampung Krakatau Festival tahun 2021 adalah Makna luas dari tema ini bahwa dalam kondisi sekarang dimana semua sektor sempat terpuruk akibat Pandemi COVID-19, kita harus mempunyai keyakinan untuk tetap tangguh berjuang dan berbuat yang terbaik pantang menyerah dalam mencapai kejayaan/puncak kemenangan secara inclusife berkolaborasi untuk bangkitnya kembali sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung. Sejak awal tahun 2020 Pandemi COVID-19 mengimbas hampir semua sektor, demikian halnya dengan sektor kepariwisataan.

Kehadiran pemerintah bagi pelaku event (vendor penyelenggara event, pekerja seni budaya dan pelaku ekonomi kreatif) sangat dinantikan.

Penyelenggaraan event masa sekarang ini memiliki nilai yang diharapkan dapat memberikan dampak positif baik secara moril maupun materil.

Kegiatan event dengan konsep hybrid (perpaduan antara offline dan online) dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Secara online ditayangkan melalui media Live Streaming Youtube pada akun: Pariwisata Lampung, Instagram: pariwisata_Lampung dan Zoom bit.ly/LKF2021
1

Peserta kegiatan terdiri dari pengisi acara dan undangan. Undangan di lokasi acara berlangsung dibatasi dengan pemberlakuan Swab Antigen dan Protokol Kesehatan.

Kegiatan webinar diikuti oleh peserta offline terbatas dan peserta online dari perguruan tinggi Provinsi Lampung. Rangkaian acara juga dihadiri secara online oleh audience dari luar negeri yaitu : Kedutaan Besar Republik Indonesia di Zagreb dan warga negara Indonesia di Kroasia, jajaran akademisi dan mahasiswa Monash University Melbourne Australia dan mahasiswa Inggris.

Turut menyaksikan secara online Sekretariat Bersama dan Anggota Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama dari 10 provinsi. Peserta Lampung Familiarization Trip yang terdiri dari travel writer, vlogger, blogger, selebgram, influencer yang berasal dari Lampung dan undangan dari luar Lampung yang juga turut hadir pada acara malam Pesona Kemilau Krakatau.

Rangkaian kegiatan gelaran festival tahun ini :
1. WEBINAR KRAKATAU (09.00 – 12.00 WIB) mengangkat thema “Krakatau Geopark sebagai Warisan Alam dan Budaya”. Dengan Moderator : Dr. Ir. Citra Persada, M.Sc., (Ikatan Ahli Perencana) Narasumber : Ir. Anshori Djausal, M.T., (Budayawan Lampung), Prof. Margaret J. Kartomi (Peneliti Budaya Lampung dari Monash University Australia), Danni Gathot Harbowo, S.Si., M.T., (Dosen Geologi Itera), Lela Tresna, S.Sos (Executive Producer Film Nasional).
2. PESONA KEMILAU KRAKATAU (19.00 – 21.00 WIB) Menampilkan apresiasi seni budaya daerah secara hybrid (offline dan online). Penampilan dari Kabupaten Kota Provinsi Lampung dan Komunitas Seni Budaya Lampung. Dihadiri oleh Fokorpimda, Bupati Walikota, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota, Tokoh Lampung, stakeholder, sponsor, travel writer media sosial (vlogger, blogger, selebgram, influencer) serta sponsor.

Lampung Krakatau Festival tercatat beberapa kali masuk dalam Calendar of Event Indonesia (Kharisma Event Nusantara) yang pada tahun 2020 gelaran festival ini tidak dapat terlaksana. Hal ini menjadi perhatian khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Baparekraf sehingga penyelenggaraan tahun 2021 ini didukung penuh oleh Kemenparekraf / Baparekraf dengan dukungan dana pusat.

Untuk mengcover kekurangan kebutuhan kegiatan, penyelenggaraan kegiatan mendapat dukungan penyelenggaraan melalui kerjasama kemitraan sponsorship dari beberapa perusahaan dan pihak swasta lainnya.

Sebelumnya banyak dari kita secara eksklusif membangun usaha kita secara mandiri dan lebih banyak mengandalkan kemampuan dan sumberdaya sendiri. Harapannya dengan moment penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival kedepannya dalam menghadapi tantangan sekarang ini kita semua dapat bersama-sama membangun daerah secara inklusif berkolaborasi, berinovasi dan beradaptasi untuk melihat semua tantangan menjadi peluang.

Mari kita terus merevolusi cara berfikir dalam mengelola segala usaha dan upaya kita. Sungguh, pandemi ini menyadarkan kita untuk menyadari bahwa kita memiliki berbagai macam potensi besar yang bisa dikembangkan. Kreatif dalam berkarya dan inovatif dalam berusaha dengan memanfaatkan berbagai macam peluang yang ada untuk “INDONESIA MAJU DAN LAMPUNG BERJAYA”
Terus berharap tahun ini tidak selamanya kelabu, akan ada pelangi yang menunggu di ujung sana. Tetap Semangat, Kita Pasti Bisa!.

(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*