Dinkes Tanggamus Antisipasi Serangan Nyamuk DBD di Musim Penghujan

Tanggamus, Wartasindo.com – Untuk mengantisipasi terjadinya kasus Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan nyamuk aedis aegypti, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, memberikan surat edaran ke Puskesmas dan kantor Kecamatan se-Tanggamus.

Saat ditemui awak media Ruanginfo.id, diruang kerjanya, sekertaris dinas kesehatan Taman Prasi, menerangkan, melalui surat edaran Sekdakab tanggamus. Dinas kesehatan memberikan surat edaran ke semua puskesmas dan juga kantor kecamatan yang ada di kabupaten tanggamus, untuk mengerakan kepala-kepala pekon, melakukan pembersihan sarang nyamuk, dengan menguras bak penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang menyebabkan terjadinya genangan air.”kami berikan surat edaran ke Kecamatan-Kecamatan dikabupaten Tanggamus untuk mengerakkan Kepala-Kepala Pekon untuk menghimbau kepada warganya agar menjaga kebersihan lingkungan, ” ujarnya.

Selain dari pada itu dinas kesehatan juga menghimbau kepada pihak sekolah-sekolah khususnya siswa-siswi agar memakai lotion anti nyamuk agar terhindar dari nyamuk demam berdarah(DBD) mengingat saat ini musim penghujan.

“Kami juga menghimbau khususnya anak-anak sekolah untuk mengunakan lation anti nyamuk, mengingat saat ini sedang musim hujan,” tambahnya.

Menurutnya, puskesmas sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, diwilayah kerjanya masing-masing, dengan melakukan pusling dengan mengumpulkan masyarakat.

Ia menambahkan, kalau sudah ada kejadian terkonfirmasi DBD, akan melakukan pemantau jentik ditempat kejadian, dan kalau nyamuknya benar ada, baru kita akan melakukan poging, karena kita tidak bisa sembarangan melakukan itu, karena poging sama dengan menebar racun.

“Saat ini lagi musim penghujan, kami menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan, karena nyamuk aides aegypti senang dan berkembang biak digenangan air yang bersih,” terangnya.

Masih lanjut Taman Prasi, Kami berharap masyarakat menanam tanaman yang tidak disenangi nyamuk di halaman rumah, seperti tanaman serai.red

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*