Sinergi Program EGovernment, Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Gelar Rapat Koordinasi Dengan Dinas Kominfo Kabupaten/Kota Se-Lampung

Bandar Lampung – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Taufik Hidayat, S.Sos., M.M., M.E.P., didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Ir. A. Chrisna Putra NR., M.EP., membuka Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kegiatan di Bidang Kominfotik se-Provinsi Lampung di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Kamis (13/02).

Dalam Rakor yang mengusung tema “Melalui Rakor Sinkronisasi Program Pemerintah Provinsi Lampung dengan Kabupaten/Kota Menuju Rakyat Lampung Berjaya” tersebut, selain Asisten II dan Kadis Kominfotik Provinsi Lampung, hadir juga Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI, Bambang Dwi Anggono S.Sos., M.Eng, Kepala Bidang Layanan Statistik Struktural Dinas Kominfo Sumatera Barat Oni Fajar Syahdi, Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur TIK Widya Prima Hatta, serta Kadis, Kabid, dan Kasi Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Taufik Hidayat mengatakan bahwa keberadaan Dinas Kominfotik memiliki peranan penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Provinsi Lampung. “Dinas Kominfotik memiliki peranan penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Provinsi Lampung untuk mewujudkan manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, profesional, transparan dan akuntabel.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Taufik mengatakan Pemprov Lampung berkomitmen untuk mewujudkan salah satu Program Prioritas Nasional Pemerintah yakni tata kelola / Sistem Pemerintahan yang Berbasis Elektronik (SPBE) di Provinsi Lampung. “Dalam konten pembangunan Provinsi Lampung, Pemprov sudah berkomitmen pada hal yang sama yaitu selalu berupaya menciptakan, mendorong, dan mempercepat tata kelola pemerintahan yang lebih berorientasi pada pelayanan publik, terlebih saat ini sudah mengharuskan berbagai institusi untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dengan TIK sebagai utamanya.” tambahnya.

Di sisi lain, Kadis Kominfotik Provinsi Lampung selaku ketua pelaksana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Kominfotik Antri Astuti Natalina, S.H., M.M., mengungkapkan bahwa Rakor ini dilaksanakan agar program/kegiatan yang dilakukan di lingkungan Dinas Kominfotik se-Provinsi Lampung sesuai dengan pedoman dan sinkron dengan program/kegiatan bidang Kementerian Kominfo RI. “Tujuan dilaksanakannya Rakor ini agar program/kegiatan yang dilakukan di lingkungan Dinas Kominfotik se-Provinsi Lampung dapat disusun sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan dan menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan memenuhi ketentuan yang ada. Juga menyinkronkan program/kegiatan bidang Kominfotik Kementerian Kominfo RI dengan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.” pungkasnya.

Rapat Koordinasi kemudian diisi dengan sesi Diskusi dan tanya jawab yang membahas tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan narasumber Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI, Bambang Dwi Anggono S.Sos., M.Eng. Kemudian sesi diskusi dilanjutkan dengan pemaparan program yang menjadi tanggung jawab Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, terkait Visi Misi dan 13 Janji Kerja Gubernur oleh Kadis Kominfotik Provinsi Lampung Ir. Chrisna Putra NR., M.EP.

Selain kedua pembicara tersebut, sesi diskusi juga diisi oleh Kepala Bidang Layanan Statistik Struktural Oni Fajar Syahdi dan Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur TIK Widya Prima Hatta dari Dinas Kominfo Sumatera Barat, yang memberikan materi mengenai Statistik Struktural dan Pengelolaan Infrastruktur TIK. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*