Festival Budaya Butabuh Meriahkan Semarak HUT Ke 12 Kabupaten Pesawaran

Wartasindo.com – Pesawaran – Karang Taruna Kabupaten Pesawaran bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten setempat menggelar lomba Festival budaya Butabuh dalam rangka HUT ke-12 Kabupaten dan memeriahkan semarak Pesawaran.

“Kegiatan Festival Budaya ini, sudah kita lakukan selama dua tahun ini yang memang sudah masuk agenda rutin dinas pendidikan, jadi setiap semarak Pesawaran salah satu bentuk kontribusi kami Karang Taruna adalah membudayakan budaya yakni budaya sebatinan yakni butabuh,” kata ketua karang taruna Pesawaran, Iwan Rosa saat ditemui disela-sela kegiatan Festival Batabuh di lapangan Tritura Kedondong, Minggu (28/7).

Dijelaskan Iwan Rosa, peserta kegiatan Festival Butabuh guna memeriahkan semarak Pesawaran ke 12 tahun ini diikuti oleh 5 kecamatan.

“Alhamdulilah untuk tahun ini peserta festival butabuh bertambah 1 kecamatan yang mana ditahun sebelumnya hanya 4 kecamatan. Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya semua kecamatan yang ada bisa turut andil mengikuti kegiatan budaya ini,” harapnya.

Pada acara ini, Iwan mengakui untuk kegiatan Festival budaya pihaknya belum bisa menghadirkan semua budaya yang ada.

“Kita sadar setiap wilayah di Pesawaran ini beda -beda budaya seperti contoh di Kecamatan Gedongtataan ada budaya hudat, sebenarnya sama dengan butabuh tapi hudat itu punya pepadun sedangkan butabuh itu punya sebatin, jadi harapan saya kedepan kepada orang- orang yang berkompeten di kebudayaan baik itu untuk sebatin atau pun pepadun bisa bekerja sama untuk ikut andil di festival ini, di tahun depan dengan versi penilaian yang berbeda karena untuk hudat dan butabuh itu sangat beda karena dualisme adat satu pepadun dan satu sebatinan,” ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya selaku penyelenggara diacara tersebut sangat berterima kasih kepada bupati pesawaran, Dendi Ramadhona yang telah mempercayakan karang taruna dalam rangka memenuhi rangkaian Hut ke12 tahun Pesawaran.

“Kami berterima kasih sekali kepada bupati yang telah mempercayai kami karang taruna dalam rangka memenuhi, rangkaian kegiatan semarak Pesawaran yang ke-12 dengan moto dua belah tahun helau, artinya kami karang taruna sebagai lembaga organisasi pemuda siap untuk membawa, mengawal baik pembangunan kemajuan di kabupaten andan jejama ini,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*