Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra hadiri Orientasi Kebijakan Pertanian Bagi Diplomat RI Angkatan Ke-6 Tahun 2019

Wartasindo.com – Bandarlampung – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra memberikan sambutan sekaligus sebagai narasumber dalam Acara Orientasi Kebijakan Pertanian Bagi Diplomat RI Angkatan Ke-6, yang dilaksanakan oleh Biro Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pertanian pada Selasa (19/06) di hotel Horison Bandar Lampung.

Dalam rangka kebijakan sektor pertanian terkait promosi ekspor dan pengendalian import, dua hal ini harus di dorong karna pada satu sisi sesuai dengan Undang-Undang Pangan No 18 tahun 2012. Target Indonesia adalah kedaulatan pangan artinya kebutuhan kosumsi melalui pemanfaatan sumber daya lokal harus dipenuhi, disisi lain Indonesia adalah member WTO harus terikat aturan-aturan perdagangan internasional.

Kebijakan jalan tengahnya adalah bagaimana mempromosikan ekspor pada satu sisi dan bagaimana mengendalikan import, kalo promosi ekspor bagaimana membuka akses pasar kenegara-negara tujuan potensial.

Dalam hal ini Diplomat RI diharapkan untuk membantu fasilitasi akses pasar kekomunitas – komunitas pertanian. Diantaranya merumuskan eksplain yang bisa dilakukan kedepan, spesifik untuk masing-masing Negara dan meningkatkan daya saing komoditas pertanian Indonesia. Peningkatan daya saing tentu saja tidak terlepas dari produksi, inovasi dan teknologi.

Hadir pada orientasi tersebut Biro Kerjasama luar negeri, Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra, perwakilan Great Giant Foods (GGF), Diplomat RI angkatan ke-6.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*