Bupati Dendi Romadhona Hadiri Buka Bersama Masyarakat Adat Saibatin

Wartasindo.com – PESAWARAN – Untuk menjaga kesatuan dan kesatuan masyarakat Adat Ajang Saibatin Kabupaten Pesawaran, ketua adat, Paduka Minak Mangku Batin, Firman Rusli, menjalani progam hasil kerja adat, dan progam kerja adat kedepan sekaligus mengembalikan marwah adat dan mengelar buka puasa (Bukbar) bersama di Gedung Pokdar Kedaton Bandar lampung. Minggu, (25/05).

Bukbar ini juga, untuk menjaga kesatuan dan persatuan masyarakat adat. Dimana acara ini juga mengelar silaturahmi antara masyarakat adat dan Bupati Pesawaran Dendi Romadhona.

“Progam ini kita gelar untuk menjalani program kerja yang sudah, program kerja adat kedepan, dan mengembalikan marwah adat, sekaligus mengelar berbuka puasa bersama masyarakat adat dan Bupati, sekaligus untuk saling bersilaturahmi dan tatap muka,” ungkapnya

Firman Rusli juga mengatakan, untuk Bukbar bersama, nantinya akan dikumpulkan 97 penyimbang yakni (97 desa red) 6 Kebandaraan 4 sekutuan, Yakni, seputih, selimau, sebadak dan istibhatho.

“Kita akan kumpulkan semua para penyimbang yang tersebar dibeberapa kecamatan dan beberapa kabupaten dalam acara ini” kata dia

Antusias masyarakat adat untuk kedatangan masyarakat adat dan para tamu diluar adat di kantor (Pokdar red). Kata Firman, membutuhkan persiapan matang.

“Kita mulai satu minggu lalu sudah mempersiapkan tempat untuk kedatangan para tamu-tamu di kantor pokdar,” ujarnya
Kata Ketua adat ajang saibatin dan sekaligus Ketua Pokdar provinsi Lampung, menegaskan bahwa momen ini untuk lebih mempererat adat ajang saibatin.

“Ini (ajang saibatin red) persatuan semakin terjaga dan selalu solid. Maka adat tidak bisa di perpecahan belahan untuk kesatuannya,” pungkasnya.

Pembina utama adat ajang saibatin pesawaran Paksi panca marga Dendi, mengatakan bahwa 6 marga 4 kesekutuan di adat ajang saibatin ini

“Saya berterima kasih inisiasi . Selama ini ajang adat Saibatin terkait aktifitas dan tujuan kedepan ajang saibatin.
Sdh mendengar aktifitasnya,

“Acara hari ini berpasan juga dengan bulan puasa. Saling memberi masukan dan sekaligus berbuka puasa bersama

“Saya meminta Kedepan ajang saibatin ini sebagai wadah adat dan memajukan masyarakat pesawaran .

” Bagaimana harmonisasi pembangunan di pesawaran. Kalau tidak dari sekarang harmonisasi saya tidak mau seperti kabupaten lain”.ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*