Pemkab Pesawaran Membagikan 1000 Paket Sembako di Bazar Pangan Murah

Wartasindo.com – Pesawaran – Pemerintah Kabupaten Pesawaran membagikan 1000 paket sembako murah dalam rangka bazar pangan murah yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung selaku pelaksana. Dimana kegiatan pasar murah yang dilakukan di halaman Islamic Center Masjid Arroyan ini bertujuan untuk menstabilkan dan menyikapi tingginya harga sembako dipasaran mendekati hari raya.

“Untuk Bazar Pangan Murah ini kita siapkan 1000 paket sembako dengan harga Rp 55 ribu perpaketnya dengan rincian minyak goreng 1 kilo gram, telor 1 kg, bawang putih 0,5 kilo gram, bawang merah 1 kg dan gula putih 1 kg,” kata Yun Yono Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran saat ditemui disela -sela pasar murah, Kamis (23/5).

Diutarakan dia, untuk bazar pangan murah tersebut pihaknya selain bekerja sama dengan stakeholder terkait juga melibatkan beberapa sponsor yang ada.

“Untuk kegiatan ini kita di dukung oleh 8 stakeholder terkait juga dibantu beberapa sponsor. Dimana para sponsor ini menyiasati untuk para warga yang datang yang tidak kebagian kupon dengan menjual selain sembako murah juga mereka menjual beras medium dan premium, daging sapi, telor, ayam serta daging ayam dengan harga di bawah pasar,” ujarnya.

Kegiatan bazar murah tersebut pihaknya mengakui pemerintah saat ini belum mampu mengakomodir semua kebutuhan warga terkait bazar murah tersebut.

“Kita akui 1000 paket sembako yang kita bagi ini masih kurang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang ada. Untuk kecamatan Gedongtataan saja masih banyak yang tidak kebagian, untuk mengantisipasi hal itu kita libatkan sponsor,” ucapnya.

Lebih lanjut Yun Yono mengatakan terkait masih banyaknya masyarakat yang belum terakomodir, itu akan menjadi catatan pihaknya.

“Jadi wajar banyak warga yang tidak kebagian karena jumlahnya sangat sedikit tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang ada di kecamatan Gedongtataan. Jadi menyikapi hal ini untuk tahun depan kita usulkan untuk penambahan,” janjinya.

Sementara itu Sekda Kabupaten Pesawaran, Kusuma Dewangsa, mewakili Bupati Dendi Ramadhona dalam sambutannya pada pembukaan bazar murah tersebut mengatakan digelarnya kegiatan pasar murah ini bertujuan untuk meningkatkan akses pangan dan sebagai bagian dari upaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan di pasaran.

Disamping untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari menjelang Idul Fitri. Kegiatan bazar pangan murah ini acapkali diselenggarakan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal dan Tahun Baru, karena ada kecenderungan tingkat kebutuhan masyarakat meningkat, terutama bahan pokok berupa pangan dan sandang.

Peningkatan jumlah permintaan ini oleh setiap pihak baik produsen, pedagang
dan konsumen akan disikapi sesuai dengan kepentingannya masing-masing. Oleh karena itu, melalui kegiatan Bazar Pangan Murah ini, mari kita wujudkan kepedulian untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dan masyarakat umum,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*