Dendi Berharap Pemilu 2019 Berjalan Lancar , Aman Dan Sejuk

Wartasindo.com – Pesawaran – Wakapolda Lampung Brigjend Pol Teddy Minahasa mengatakan bahwa pemilu 2019 harus dilangsungkan secara jujur dan adil. Untuk itu, Polri memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengamankan pemilu dapat berjalan dengan baik. Polri mampu melakukan tindakan hukum dalam pelaksanaan pemilu seperti yg di atur dalam Undang-undang,Wakapolda menyerahkan hadiah di acara dialog.

“Saya berharap partisipasi masyarakat bersinergi dengan Polri untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, sehingga pemilu 2019 dapat berlangsung dengan lancar, aman dan sejuk, ” kata Minahasa, saat menghadiri kegiatan talk show Rumah Kita LPP TVRI, yang digelar Polda Lampung di Rumah Dinas Bupati Pesawaran, Rabu,(27/03).

Menurut Wakapolda, Polri mampu melakukan tindakan hukum dalam pelaksanaan pemilu seperti yg di atur dalam Undang-undang, seperti adanya money politik ataupun tindakan lain yang dilakukan masyarakat maupun parpol. Yang tertera dlm pasal 515 pasal 7 tahun 2017 tentang pemilu.

“Bahwa orang yang dengan sengaja pada saat penyelenggaraan pemilu menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada orang lain untuk tidak menggunakan hak suaranya atau menggunakan hak suaranya untuk memilih pasangan calon tertentu atau cara tertentu itu dipidana maksimal 3 tahun dan denda maksimal 36 juta,” katanya.

Sementara, terkait persiapan dan pergeseran pasukan dalam pelaksanaan pemilu telah dijalankan. “Tapi kita juga melakukan monitoring di sejumlah lokasi tertentu dalam hal kerawanan pemilu, baik saat kampanye, pencoblosan terutama saat pendistribusian logistik pemilu,” katanya.

Sementara Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengungkapkan bahwa bersama masyarakat meyakini pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 akan berjalan lancar, aman dan sejuk.khusunya untuk wilayah Pesawaran. Dan dalam menghadapi pelaksanaan pemilu 2019 sejumlah pihak seperti pemkab selalu berkoordinasi dengan Bawaslu, KPU, Polres dan seluruh unsur masyarakat.

“Kita berharap kepada seluruh elemen agar dapat melaksanan pemilu secara baik sehingga menghasilkan pemilu yang barokah dan berkualitas. Untuk itu, kami pemerintah daerah bersama masyarakat siap melaksanakan pemilu 2019, ” kata Dendi.

Dijelaskan, keyakinan tersebut berdasar situasi dilapangan yang kerap diungkapkan oleh beberapa calon legislatif selaku peserta pemilu 2019 akan pentingnya keberlangsungan pemilu yang berkualitas. “Para calon tidak bicara soal siapa yang jadi atau tidak, tapi mereka lebih mengutamakan pelaksanaan pemilu dapat dilangsungkan dengan berkualitas tanpa ada kecurangan atau tindak pidana pemilu, ” jelasnya

Dalam talk show yang mengusung tema “Pemilu Harapan Kita” di isi oleh tiga narasumber, yakni Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Dirintelkam Polda Lampung Kombespol Amran, serta pengamat politik dr akademisi Unila Sigit Krisbiantoro.

Nanang Trenggono sempat menyebutkan bahwa peran Polda Lampung bersama sejumlah media ini membantu pihaknya untuk bisa berinteraksi secara aktif dari para pelaksana pemilu, “Baik masyarakat,parpol hingga sejumlah tokoh. yang mampu mewujudkan pemilu 2019 yang lancar, aman dan sejuk. terlebih juga sebagai bentuk komunikasi antar pemangku kewenangan dan masyarakat,” ujar Nanang.

Disampingnya itu, lanjut Nanang harapan lain adalah partisipasi masyarakat bersinergi dengan Polri untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu, sehingga pemilu 2019 dapat berlangsung dengan lancar, aman dan sejuk.

Hadir pada kegiatan Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto Sunggoro, Perwakilan dari Brigif 3 Lampung, Perwira penghubung (Pabung) Kodim 143 Lampung Selatan, perwakilan dari TNI AL, Perwakilan dari Kejari Lampung Selatan dan FKUB provinsi maupun pesawaran serta seluruh unsur pimpinan Kabupaten Pesawaran dan perwakilan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*