Mantab, BKKBN Mengadakan Rakerda

Wartasimdo.com – Bandar Lampung – Direktur bina kesertaan KB Jalur Wilayah Khusus, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Drg.Widwiono, M.Kes yang menyampaikan secara nasional memiliki program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) memfokuskan 8 Fungsi keutuhan keluarga dan disampaikan dalam suasana Rapat Kerja Daerah,Rabu (20/3) Dihotel Emersia Bandarlampung.

Rakerda tersebut dihadiri oleh Taufik Hidayat (Asisten bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan) serta imana sebelum pembukaan Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI)Hi.Lukman Hakim,SH. MM melantik susunan pengurus PWRI Unit Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Lampung masa bhakti 2018 -2023 dan Penandatangan Kerjasama antara BKKBN,IPPNU (Ikatan Pelanjar dan Pemuda Nahdatul Ulama) dan Telkomsel.

Secara rinci,Drg.Widwiono, M.Kes merincikan Program Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yakni Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk), Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR), Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (ADPIN) dan Pengelolaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana

Ia pun melanjutkan, Implimentasi dari keberhasilan KAMPUNG KB merupakan direktif Presiden RI dalam upaya merevitalisasi Program KKBPK guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara, yang memiliki kriteria tertentu di mana terdapat keterpaduan Program KKBPK dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis,”ujarnya.

Secara umum, Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Secara khusus, Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Lembaga Non Pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan, dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai indikator, baik dari Bidang Pengendalian Penduduk dan KB maupun indikator lintas sektor. “Kami mensupport kinerja BKKBN Lampung dalam peningkatan program KKBPK salah satunya melalui Kampung KB untuk mewujudnya 8 Fungsi Keutuhan Keluarga,”ujarnya.

Dibagian lain, Kepala Perwakilan BKKBN Lampung Uliantina Meiti menyampaikan dalam upaya pencapaian sasaran strategis yang belum tercapai tersebut, BKKBN perlu dapat melakukan berbagai langkah penguatan Program KKBPK yang benar – benar memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran program serta penguatan kegiatan – kegiatan prioritas secara komprehensif dan berkelanjutan di seluruh tingkatan wilayah.

Oleh karena itu penguatan sinergitas dan komitmen para pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah wajib dilakukan. Diharapkan BKKBN dapat berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama dalam menyusun, mengembangkan dan menindaklanjuti berbagai kebijakan dan strategi Pembangunan kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, sehingga pelaksanaan program dan kegiatannya dapat memberikan manfaat secara langsung bagi masyarakat.

Rakerda Program KKBPK tahun 2019 adalah meningkatkan dukungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah & Mitra Kerja dalam mewujudkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Program KKBPK yang terintegrasi.

Dimana hasil yang diharapkan yakni Menguatnya Program KKBPK Dalam Program Prioritas Nasional , Terwujudnya Kampung KB Sebagai Episentrum Program KKBPK , Terpetakannya Bonus Demografi Untuk Kesejahteraan Bangsa , Meningkatnya Akses Dan Kualitas Pelayanan KKBPK dan lainnya.( Yayuk )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*