Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Lampung menggandeng kerjasama bersama Pusat Pendidikan dan Latihan

waertasindo.com-BANDARLAMPUNG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Lampung menggandeng kerjasama bersama Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Perpustakaan Arsip Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) dalam upaya menggelar Pendidikan Latihan (Diklat) bagi 58 Sumber Daya Manusia (SDM) untuk calon Perpustakaan Sekolah yang berasal dari Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Kegiatan Diklat bertujuan untuk mempersiapkan calon SDM di Perpustakaan Sekolah tahun 2019 yang berlangsung di hotel Kurnia Dua Bandarlampung, Selasa (8/1/19).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Lampung Ir.Ferynia mengatakan, Pendidikan dan Latihan bagi SDM yang akan dipersiapkan di seluruh Perpustakaan di Sekolah yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung, ujarnya.

” Ada 58 SDM yang mengikuti Diklat dengan meteri 120 jam pelajaran yang akan di pelajari,” kata Ir.Ferynia.

Menurutnya, peserta terdiri dari para guru dan pegawai administrasi yang kami persiapkan untuk menjadi SDM yang berkualitas sebagai Kepala Perpustakaan di Sekolah, jelasnya.

” Tujuan Diklat tentu untuk menjadikan para Kepala Perpustakaan mengerti mengenai keberadaan perpustakaan Sekolah yang memenuhi standar perpustakaan, dan mengembangkan ide buat kemajuan dan kenyamanan perpustakaan,” kata Ir.Ferynia.

Insya Allah dengan manajemen pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar, maka Perpustakaan Sekolah akan bermanfaat dalam menciptakan generasi muda untuk bangsa dalam menumbuhkan minat baca, harapnya.

Hal itu, kata Ferynia, mengacu pada Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Oleh
karena keberadaan perpustakaan merupakan simbol dari kecerdasan bangsa sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat dalam menggali potensi cita cita masa depan generasi bangsa, urainya.

Saat ini kami, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggandeng kerjasama bersama Perpusnas RI agar tujuan untuk menciptakan Perpusatakaan yang lebih modern yang selalu memberikan nuansa baru dalam sebutan gudang di berbagai ilmu, tandasnya.

Program pendidikan dan pelatihan bagi SDM perpustakaan Sekolah patut disebut gebrakan awal menuju perpustakaan modern yang dilakukan di awal tahun 2019, selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Diketahui, meski baru enam hari menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, mantan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Ir.Ferynia terbilang sukses dalam melanjutkan program Diklat SDM bagi calon Kepala perpustakaan sekolah bekerjasama Perpusnas RI yang antusias diikuti dari 15 Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung. (Humas Pemprov)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*