Pesawaran Promosikan Desa Bogorejo Ke TP PKK Pusat

Wartasindo.com – Pesawaran – Ibu Nanda Indira Dendi, SE.Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pesawaran Memaparkan Berkas Lomba Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kab. Pesawaran Tahun 2018 Dengan Lokus Kampung KB terkait di Kantor PKK-Pusat Lantai 1, Jl. Raya Pasar Minggu. Jakarta- Selatan, Senin, (7/1).

Ikut mendampingi dalam pemaparan tersebut, Kepala Dinas PP dan KB Kab. Pesawaran serta Kepala Dinas Kesehatan Kab.Pesawaran.

Ketua TP PKK Pusat yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Pokja IV (empat), Ibu drg. Laksmi Widiastuti, dan seluruh Anggota Pokja IV ibu Sekretaris Pokja IV beserta Anggota. Ketua TP PKK Seluruh kabupaten / kota Se- Provinsi Lampung.

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pesawaran beserta rombongan saat memaparkan Desa Bogorejo di kantor TP PKK Pusat, Pasarminggu Jakarta Pusat.
Dalam sambutan nya Ketua TP PKK Kab Pesawaran. Ibu Nanda Indira Dendi, SE., menyampaikan salam dari para kader dan masyarakat kami di Kabupaten Pesawaran Khususnya Masyarakat Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan.

“Salam Hangat teruntuk Ibu-Ibu dari Tim Penggerak PKK Pusat, Masyarakat Kami menunggu kedatangan dan kehadiran Ibu-Ibu semua di Desa Bogorejo.” ujar Ibu Nanda Indira.

Desa Bogorejo awalnya merupakan Desa tertinggal berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pesawaran Nomor 286/IV.10/HK/2017 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Kampung Keluarga Berencana dan Desa Bogorejo menjadi salah satu Desa Kampung KB Kabupaten Pesawaran dimana pada Tahun 2017 terbentuk 10 Desa Kampung KB di Kabupaten Pesawaran.

Pada Tahun 2018 Desa Bogorejo Mewakili Kecamatan Gedong Tataan mengikuti Verifikasi Lomba Kesrak PKK-KKBPK Kesehatan di tingkat Kabupaten Pesawaran. Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pesawaran Nomor 423/IV.10/HK/2018 Tentang Penetapan Desa Terbaik Pelaksanaan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan-Kegiatan PKK tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2018, maka ditetapkan Desa Bogorejo menjadi Wakil Kabupaten Pesawaran mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan pada Tanggal 03 Desember 2018.

“Yang Alhamdulillah pada hari ini dapat mewakili Provinsi Lampung dalam Kategori Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan ke tingkat Pusat.” ujar Istri Bupati itu.

Setelah dibentuk Kampung Keluarga Berencana dan Pembinaan Terpadu lintas sektor yang terus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran bersama-sama dengan masyarakat Desa Bogorejo yang terus memberdayakan keluarganya agar lebih maju, terus berupaya bergotong royong bekerja sama dengan jajaran Pemerintah Daerah baik tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta masyarakat Desa Bogorejo, yang akhirnya tidak lagi tertinggal melainkan semakin maju dan sejahtera.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan antara lain :

Remaja Cinta Balita (ROB)
Tarjo Ceria
TOSA untuk Balita
Taman Bacaan Balita
Akupresure dan Ramuan Tradisional di Posyandu Balita dan Posyandu Lansia.
Pengajian Posyandu Lansia dan Pendidikan Lansia.
Penanganan Gigi Usia Tua (Nagita) dan Gizi Sehat Lansia (GISELA)
Sedekah Sampah.
Tarjo Siaga. Komunitas Trail Bogorejo.
Kerjasama Antara BKB dan PIK-Remaja dalam Pembuatan Alat Permainan Edukatif.
Remaja Genre Dukung Program ASI Eksklusif.
Bank Sampah.
Pengelolaan Sampah Biopori.
Pondok Layanan IVA.
Jum’at Ceria dan Gotong Royong.
Rumah DataKu dan Perpustakaan Desa.
Pembuatan KIA Kerjasama Disdukcapil dan TP PKK Saka Bhakti Husada Peduli Jumantik.

Mekanisme operasional lini lapangan di Kecamatan Gedong Tataan dan Desa Bogorejo baik pertemuan lengkap Institusi (PLI) di tingkat desa dan Rapat Tri Komponen (RATRI) PKK-KKBPK-Kesehatan selalu rutin dilaksanakan setiap bulan sebagai wadah penyampaian rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dan mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan.

Gambaran sekilas tentang Desa Bogorejo itu disampaikan oleh Ibu Nanda Indira, dan berharap kepada pengurus pusat bisa berkunjung ke desa Bogorejo Kabupaten Pesawaran.(Yayuk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*