Kapal Baruna Jaya Perluas Area Pencarian

Wartasindo.com- Kapal Riset Baruna Jaya I memperluas area pencarian korban dan bagian kotak hitam lainnya (black box) dari pesawat nahas Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza di Jakarta, Senin (5/11/2018) mengatakan, Kapal Riset Baruna Jaya I yang dipakai untuk mencari kotak hitam hari ini kembali ke pelabuhan untuk mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan pencarian.

“Kami terus evaluasi dan koordinasi bersama KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dan Basarnas untuk kelanjutan misi SAR, termasuk perluasan area pencarian,” tuturnya.

Sementara ini, Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M. Ilyas mengatakan Kapal Riset Baruna Jaya I masih dengan Multi Beam Echo Sounder mencoba memetakan lokasi yang diperkirakan terdapat Cockpit Voice Recorder (CVR). Kemampuan teknologi ini bisa memetakan dasar laut hingga 11 kilometer (km).

“Sekali menyapu dasar laut bisa mendapatkan data image dan topografi dasar laut. Ini untuk mengidentifikasi objek dasar laut,” ujar dia.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsdya TNI Muhammad Syaugi mengatakan, tim SAR gabungan pencarian dan evakuasi penumpang dan pesawat JT-610 akan berjuang untuk mengevakuasi semua penumpang.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*